Senin, 08 November 2010

tugas kelompok

TOUCHPAD

Touchpad adalah peranti penunjuk berupa permukaan khusus yang dapat menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke suatu posisi relatif pada layar komputer. Peranti ini umum ditemukan pada komputer laptop, PDA, serta beberapa pemutar media portabel. Ukuran bantalan sentuh bervariasi, akan tetapi jarang berukuran lebih dari 40 cm².

Operasi dan fungsi
Secara umum touchpad sama seperti mouse digunakan sebagai perangkat penunjuk atau kursor, gerakan menyeret jari , gerakan kursor di layar. Bantalan sentuh atau touchpad  beroperasi dengan menggunakan satu dari beberapa cara, beberapa di antaranya adalah kapasitif sensor dan konduktansi penginderaan. Teknologi yang paling umum digunakan pada 2010[update] menggunakan sebuah tatakan datar yang kapasitif terhadap sentuhan jari, atau kapasitansi antara sensor. Kapasitansi berbasis touchpad tidak akan berpengaruh dengan ujung pensil atau benda lain yang serupa. Menggunakan sarung tangan juga tidak akan membuat trackpad bekerja.
Beberapa bantalan sentuh atau touchpad memiliki hotspot, lokasi di touchpad yang digunakan untuk fungsionalitas luar . Sebagai contoh, pada touchpad tertentu, menggerakkan jari sepanjang tepi dari panel sentuh akan bertindak sebagai gulir roda (scroll), mengendalikan (scrollbar), dan menggulir layar jendela secara vertikal maupun horizontal. Beberapa driver touchpad mendukung fasilitas zona tekan, daerah di mana kursor akan melaksanakan fungsinya, misalnya, memberhentikan media player atau menjalankan aplikasi software. Semua fungsi-fungsi ini dilaksanakan dalam driver perangkat bantalan sentuh atau touchpad, dan dapat dinonaktifkan.

Bantalan sentuh multi-touch
Scrolling trackpad adalah nama untuk salah satu patent-pending trackpad Apple Inc., digunakan dalam MacBook dan MacBook Pro komputer mereka. Trackpad sebelumnya digunakan dalam PowerBook dan iBook, sebelum Apple transisi beralih ke prosesor Intel. Hal ini memungkinkan pengguna Scrolling dalam arah sembarang dengan menyentuh bantalan dengan dua jari, bukan satu, dan kemudian menggerakkan jari-jari di bantalan ke arah yang ingin di tuju. Sebuah fitur diperkenalkan pada Mac OS X 10.5 (Leopard) memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai kombinasi gerakan lain seperti menggesekkan empat jari ke atas atau bawah untuk mengaktifkan exposé. Saat ini MacBook, MacBook Pro dan MacBook Air memiliki Multi-Touch pad. Multi-touch trackpad terbaru Apple juga mendukung gerakan mencubit dan berputar, mirip dengan yang digunakan pada perangkat iPhone.
Bantalan sentuh pada MacBook


Touchpad atau Trackpad pada telepon genggam
Dewasa ini banyak jenis telepon genggam menggunakan teknologi trackpad yang berfungsi sebagai tombol navigasi arah. Salah satu contohnya adalah telepon genggam BlackBerry Curve 8500/8520 yang menggunakan teknologi ini. Sebenarnya, sebuah trackpad pada telepon genggam memiliki fungsi dan cara kerja yang sama dengan touchpad pada leptop atau komputer portabel. Akan tetapi, trackpad pada telepon genggam dikemas dalam bentuk yang lebih kecil dan berfungsi lebih sederhana daripada touchpad pada leptop.
sebuah gambar bantalan sentuh dengan tombol penguncian pada laptop Compaq Presario. Tanda scrollbar vertikal dan horisontal terlihat jelas pada bagian kanan dan bawah bantalan sentuh.

http://bits.wikimedia.org/skins-1.5/common/images/magnify-clip.png
Trackpad dari sebuah BlackBerry Curve 8500/8520

KESIMPULAN
Sebuah bantalan sentuh atau touchpad memiliki fungsi yang banyak dan semakin berkembang dari hari ke hari. Semakin berkembangnya teknologi komputer maka teknologi ini semakin meningkat dan semakin banyak fungsi-fungsinya. Misalnya dahulu pada awal touchpad ditemukan hanya memiliki fungsi sebagai sebuah pengganti mouse komputer dengan fungsi penempatan kursor. Tapi sekarang fungsinya semakin beragam, misalnya dapat melakukan scrolling dengan empat jari sekaligus, dapat menerjemahkan sidik jari, bahkan dapat digunakan untuk melihat kondisi mood seseorang

0 komentar:

Posting Komentar

 

ChuVenK