Minggu, 07 November 2010

Perbedaan Printer


Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.

Printer dot matriks

Printer yang bekerja dengan menggunakan head yang terdiri atas 9 dan 24 pin. Untuk mencetak hasil kerja, printer jenis ini menggunakan bahan pita karbon seperti yang digunakan pada mesin tik dan masih menggunakan port komunikasi berupa port paralel.

Kecepatan kinerja printer jenis ini diukur dengan jumlah karakter yang bisa dicetak per detik dengan satuan cps (character per second). Beberapa printer jenis ini berkecepatan 500 cps.

Printer dot martiks ini mempunyai elemen yang terdiri atas jarum yang menekan pita sehingga mencetak pada kertas. Cara mencetak ini disebut impact.



Printer ink jet

Printer ini hampir sama dengan jenis dot matriks, sudah tidak menggunakan media pita karbon tetapi dengan catridge yang di dalamnya terdapat tinta hitam atau berwarna. Kebanyakan printer ini sudah menggunakan port komunikasi berupa port USB untuk menghubungkan printer dengan komputer.

Selain lebih tenang dan tidak bising dibandingkan dengan printer dot matriks, printer ink jet juga mempunyai kecepatan mencetak 2-4 lembar kertas per menit (ppm) atau lebih tinggi mencapai 270cps. Dapat dilengkapi tinta berwarna sehingga dapat menghasilkan grafik ataupun peta yang berwarna-warni dengan resolusi 300-600 dot per inch (dpi).

Pada saat ini printer ink jet sudah dilengkapi dengan peralatan atau fasilitas tambahan, misalnya mesin foto kopi, scanner, faks, atau lebih dikenal dengan jenis printer PSC (print, scanner, dan copy) atau printer PSCF (print, scanner, copy, dan fax).

Printer ink jet ini bekerja dengan menyemprotkan tinta yang berada dalam catridge langsung ke atas permukaan halaman kertas, diatur dengan muatan listrik sehingga tinta yang mencetak pada kertas sesuai dengan huruf atau gambar yang telah ditentukan.





Printer laser jet

Adalah printer yang menggunakan teknologi yang sama seperti mesin fotokopi , yaitu panas dan tekanan untuk mengikat toner ke permukaan halaman kertas. Printer laser jet juga mencetak hitam putih ataupun warna dan mempunyai resolusi antara 300-1.200 dpi atau lebih, serta memberikan kualitas yang lebih baik daripada printer dot matriks dan ink jet. Oleh karena itu, printer jenis ini banyak digunakan oleh perusahaan percetakan untuk membuat film cetakan.


0 komentar:

Posting Komentar

 

ChuVenK